Sistem Reproduksi Makhluk Hidup
>> Heheheee..Assalamualaikum kawand,,,selamat datang di blog sederhana ane [Seven Remen Gallery] , semoga bermanfaat.. >>

Print this page? Photobucket

Tuesday, November 20, 2012

Sistem Reproduksi Makhluk Hidup




Allah berfirman,
“Mahasuci Allah yang telah menciptakan berpasang-pasang semuanya, diantara apa-apa yang ditumbuhkan bumi, dari diri mereka sendiri dan dari apa-apa yang mereka tidak ketahui.” (Yaasin: 36)
Menurut ilmu pengetahuan modern, tubuh makhluk hidup terdiri dari bermilyar-milyar gugus protein.
Ada pohon kurma jantan yang dengan medium serangga atau angin menyebarkan sel-sel reproduksinya. Sel-sel ini terkadang jatuh di pohon kurma betina, terkadang jatuh di pohon-pohon lainnya, seperti pohon jeruk, atau bahkan bunga. Akan tetapi, pohon-pohon selain pohon  kurma betina tidak akan menerima sel-sel reproduksi jantan ini dan pembuahan tidak terjadi. Hanya pohon kurma betina sajalah yang mau menerima sel-sel jantan.
Lalu timbul pertanyaan, bagaimana pohon-pohon ini dapat mengetahui inilah sel reproduksi yang ditunggunya? Padahal, selama satu hari penuh ribuan sel sejenis dari berbagai macam pohon jatuh di atasnya.
Pasti ada kunci rahasianya yang tidak lain adalah protein. Sebuah protein dapat mengenali protein yang cocok dan sejenis dengannya hingga terjadi pembuahan.
Para ilmuwan mengatakan bahwa dibagiab kepala sel sperma terdapat bagian yang mirip dengan “helm”. Di dalamnya tersimpan identitas sel sperma ini. Jika sel sperma ini bertemu dengan ovum (sel telur) yang cocok, maka helm dan sebagian diding sel sperma ini akan terbuka. Terjadilah penyatuan isi dua sel protein. Seluruh kandungan sperma akan ditransper ke dalam ovum, lalu terjadilah proses pembuahan.
Tubuh kita memiliki “pasukan-pasukan khusus” protein. Ada pasukan yang bertugas mendekonstruksi dan ada pula pasukan lainnya yang bertugas merekonsrtruksi. Pernapasan dan pencernaan membutuhkan protein-protei dekonstruksi yang lebih dikenal dengan istila enzim. Sedangkan proses perbaikan, pertumbuhan, dan pembelahan sel dan membutuhkan protein-protein rekonstruksi.kehidupan makhluk hidup berjalan di antara kedua proses ini, dekonstruksi dan rekonstruksi. Jika proses dekonstruksi mendominasi, inilah yang disebut dengan masa pertumbuhan atau masa remaja. Jika sebaliknya dekonstruksi lebih dominan maka inilah yang disebut dengan masa tua.
Unit-unit terpenting dalam sel berasal dari proses pembelahan. Ini mengundang kita untuk merenungkan firman Allah:
Artinya :
Dari segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan agar mereka mendapat peringatan” (Adz-Dzaariyat : 49)
Disamping itu, makhluk hidup akan terancam punah tanpa berpasang-pasangan.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment